Modifikasi Yamaha Scorpio Model Chopper ala HD dan Jika H-D, dimensi yang besar jadi keuntungan tersendiri. Wilayah back bone dan downtube sudah terjejali mesin eksotis V-twin. Makanya modifikator mengalami kesulitan tersendiri. Jika keukueh mengadopsi gaya Skandinavian, perlu berpikir keras agar bagian itu tidak terlihat kopong karena jarak antara back bone dan center bone juga down tube harus dibuat seteliti mungkin.
Ia mulai dari sebuah konsep New Chopper Style. Down tube dobelnya dibuat agak renggang di bagian bawah dan mengecil ke atas. Maksudnya jelas untuk mengisi kekosongan bagian bawah sekaligus membuat tampilan motor jadi elegan.
Sebagai penguat, juga untuk mengisi ruang kosong, dibuat palang tambahan di wilayah back bone. Jadinya, bagian ini terlihat lebih padat.
”Karakter die harder disasar lewat tampilan tangki yang nemplok di atas back bone tadi. Motor jadi menjulang ke atas namun riding position masih enak di sisi handling,” katanya.
Gaya ini mengingatkan pada motor-motor karya Yasuyoshi Chikazawa dari Chica Custom pada motor berjuluk Joker. Atau kontruski camel bike yang menjulang seperti motor karya Billy Lane dari Choppers Inc, East Coast. “Saya memang suka gaya-gaya Billy Lane. Bukan jadi plagiator tapi sebagai referensi.
Sebagai referensi memang sah-sah saja. Apalagi didukung detail hand made yang cukup asyik dinikmati. Coba perhatikan cara mengemas kontruski fender struts di belakang. Tampak clean di kanan-kiri hinga dibuat membelah sepatbor belakang.
Ini unik karena selain sebagai penahan sepatbor, besi padat dikrom ini juga sebagai aksentuasi di sepatbor. Motor jadi tampak mewah dan elegan disamping simpel plus minimalis.
Sebagai penyeimbang, di bagian depan khususnya di tangki, aksentuasi ini juga dilakukan. Pelat-pelat krom dan desain tutup tangki menjadi kekuatan desain motor ini.
Tentunya enggak sampai disitu saja. Pilihan raiser yang tak terlalu tingi cukup tepat. Pasalnya, back bone yang dibuat mereka sudah menjulang.
Unsur iron horse untuk mencerminkan die harder juga dilakoni. Jok kulit dengan dimensi tepat, single sitter dan tanpa sepatbor depan, jadi identitas choppers Skandinavia. Termasuk hardtail juga penganut indentitas choppers iniDATA MODIFIKASI
Sok belakang: Are u Kidding?
Sok depan: Steed 850
Lampu: Variasi Moge
Ban depan : Maxxis Classic 21 inci
Ban belakang : Dunlop 180/60-18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar