Home » » Cara Merawat Jupiter MX Baru

Cara Merawat Jupiter MX Baru

Written By Unknown on 26 Sep 2012 | 21.19


Cara Merawat Jupiter MX Baru yang dimana Motor Yamaha Jupiter MX baru memang didesian dengan inovasi baru. Namun perawatannya tetap perlu untuk diperhatikan. Kini, kita akan coba berbicara cara merawat Jupiter MX baru biar tetap nyaman dipakai, plus tidak menyebalkan. Jika anda memiiki Jupiter MX baru ada 9 hal yang mesti Anda perhatikan-fotomodifmotor.

Custom-Yamaha-Jupiter-MX

1. Ganti Oli Secara Priodik

Oli menjadi bagian vital dari Jupiter MX baru. Jika Olinya kotor, maka bisa merusak perenannya sebagai pelumas komponen-komponen mesin seperti setang saher, satang klep, noken as dan lain-lain. Ciri-ciri oli Jupiter MX baru mesti diganti, apabila warnanya sudah kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya sudah terasa berkurang. Maka cara terbaik adalah ganti oli secara priodik berdasarkan rujukan dari pubriknya.
2. Kondisi Aki Mesti Selalu di Cek

Aki atau air accu memiliki peran penting juga bagi Jupiter MX baru. Jangan sampai komponen dinamo, kontak mesin atau switch lampu rusak akibat aki yang tidak sempurna. Makanya, pengecekan terhadap kondisi aki menjadi penting untuk perawatan aki Jupiter MX baru. Dalam perawatan aki Jupiter MX baru, jangan biarkan aki melawati batas maksimum dan minimum yang bisa menimbulkan dampak cepatnya terjadi kerusakan pada sel-sel aki.

Bila sudah terasa melemah akinya, segera diganti. Jangan sampai gara-gara membiarkan akinya sudah melemah, kutub positif dan kutub negatif aki mengeluarkan korosi alias serbuk putih. Jika ini terjadi, maka akan menjelar ke bagian kabel-kabel yang ada di Jupiter MX baru. Inilah yang menyebabkan rusaknya saluran lampu, dinamo dan lain-lain.

Jika starter Jupiter MX baru tidak mau hidup, salah satu penyebabnya adalah aki. Jangan paksakan untuk menstarter, cobalah dengan cara manual. Jika tidak bisa juga, jangan dicoba untuk didorong. Ini juga bisa berefek pada merusak gigi transmisi. Karena itu, bila sudah terasa aki melemah segeralah untuk diganti.
3. Rantai dan Gir Selalu Diperiksa

Jupiter MX baru memang asyik dibuat balapan, karena itu kondisi rantai dan gir-nya mesti selalu diperhatikan. Jangan sampai rantai Jupiter MX baru Anda kendor atau kekencangan. Jika kekencangan berefek pada bisa-bisa saat Anda sedang balapan rantainya putus, ini bisa menimbulkan efek yang lebih berbahaya lagi. Jika kekendoran juga memiliki efek bisa-bisa rantai lepas dari Girnya.

Karena itu, penting Anda selalu memperhatikan kondisi rantainya.Selain itu, dengan selalu memeriksa kondisi rantai dan gir akan bisa menghemat BBM. Jika rantai kendur akan berefek pada putaran ban menjadi berat sehingga memerlukan tenaga yang lebih besar untuk mendorongnya, maka bensin otomatis menjadi boros.
4. Perhatikan Tekanan Ban

Tekanan Ban Jupiter MX baru Anda mesti selalu diperhatikan. Jangan sampai kelebihan angin atau kekurangan angin. Kondisi angin ban memberikan dampak pada BBM juga. jika ban Jupiter MX baru kondisi kurang angin, maka akan membuthkan tenaga lebih besar untuk mendorongnya, tentu saja ingi membuat bensin menjadi boros. Karena itu pastikan kondisi tekanan ban Jupiter MX baru Anda dengan baik.
5. Selalu Cek Kaliper Rem

Perhatian pada keliper rem Jupiter MX baru penting dilakukan ketika musim hujan. Karena biasanya saat musim hujan, debu banyak menempel di kaliper rem. Karena itu, penting untuk selalu dibersihkan agar tidak macet. Cara membersihkannya:

Keliper dan kampas rem dilepaska terlebih dahulu.

Lalu tuas rem ditekan agar piston dapat keluar sedikit sekitar 5mm.

Cucilah dengan menggunakan air sabun dengan sikat. Lebih bagus lagi, jika menggunakan sikat gigi.

Jika tampak sudah bersih, keringkanlah dengan lap.

Lalu masukkanlah piston kaliper rem dengan didorong menggunakan ujung tumpul obeng, lalukan dengan pelan-pelan.

6. Perhatikan Selalu Selang Bensin

Selang bensing Jupiter MX baru memang harus selalu diperhatikan. Jika ini tidak perhatikan efek juga luar biasa. jika kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retak-retakan, maka selang bisa menjadi tidak elastis lagi hingga mengakibatkan serbuk kotoran yang terdapat diselang bisa masuk ke karburator. Jika ini sudah terjadi, maka suplain bensi dari tangki ke karburator menjadi terhambat. Kalau sudah ini terjadi, sistem pembakaran dipastikan terganggu.

Anda tak perlu ragu membeli Jupiter MX baru. Jika sudah dibeli, lakukan enam perawatan yang dijelaskan di atas.

0 comments:

Posting Komentar

Ads By Google

Foto Modifikasi Motor di FB

Arsip Blog