Penyebab masalah setrum hilang total pada Kawasaki Ninja 250 yang di akibatkan setrum aki berkurang dan terdapat banyak faktor seperti yang di akibatkan oleh kabel positif korslet, ngeground ke masa bodi atau motor lama tidak dipakai. “Tapi, jangan sampai dapat masalah kehilangan setrum tanpa sebab. Ini yang mesti diwaspadai pemilik Kawasaki Ninja 250R. Untuk menghidupkan mesin pada Kawasaki Ninja 250R, sipnya pakai electric starter. Tinggal tekan tombol, maka dinamo starter akan lebih ringan memutar engine. Tapi, fungsi elektrik starter nggak akan baik jika performa aki masalah. Terutama jika arus listrik kehilangan atau kurang arus setrum.
Apalagi cirinya lampu-lampu indikator di panel spidometer tak bersinar semua. Nah, jangan coba-coba motor sampeyan dorong. Gak mau hidup.
“Di motor rakitan tahun 2010-2011 melalui bengkel kumpulan modifikasi motor sering ditemui masalah seperti itu. Biasanya ada sepul yang terbakar. Umumnya motor tersebut sering dipakai buat kebut-kebutan dan bukan saat pertama mau dihidupkan. Selain masalah tadi, paling akinya soak,” timpal Nurfaizin dari Brian Motor.
Aki soak pun sama gejalanya dengan mati total. Sebab tidak ada arus setrum yang keluar dari aki untuk dipakai komponen kelistrikan dan pengapian di motor. Seperti di komponen elektrik starter, klakson, sein bahkan komponen pengapian CDI arus DC. Cuma, biar masing-masing part aman dari korslet, di Ninja 250R di lengkapi sekring.
Selain karena umur pakai, aki soak juga bisa dipengaruhi prilaku pemilik motor juga komponen lain. Seperti motor jarang dipakai dan dipanaskan. Atau, yang sudah disebut sebelumnya. Makanya setrum aki cepat berkurang. Terlebih jika tidak dibantu cas alias charge ulang.
Cuma kalau aki masih bagus tapi setrumnya masih tetap mati total, sampeyan jangan panic. Coba cek sekring utama yang letaknya boks sekring tepat di dekat bendik starter. Mungkin sekring kendur atau putus. Sehingga tidak bisa lagi mengalirkan setrum ke komponen kelistrikan dan pengapian.
“Itu seperti sekring utama dari aki untuk disebar ke semua komponen lewat boks sekring di bawah jok. Jika soketnya kendur atau sekring putus, maka tidak ada arus yang keluar,” imbuh Anky di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kangin, Denpasar, Bali seperti yang dilansir otomotifnet.com.
“Aki asli banyak di jual melalui bengkel resmi Kawasaki. Cuma memang lebih mahal karena speknya lebih tinggi dari motor biasa. Demikian info tips mengenai kelistrikkan pada kawasaki ninja 250, semoga bermanfaat
Gan?.kalau soal aki sama sekring ane dah cek.semua nya bagus.tapi tetap aja semua ke listrikan nya mati total,apa lagi yang harus ane cek,makasih info nya agan2 sekalian.
BalasHapus