Home » , , » Tips Perawatan Motor Yamaha R1

Tips Perawatan Motor Yamaha R1

Written By Unknown on 8 Apr 2013 | 02.00


Berikut ini untuk fotomodif lover admin berbagi info Tips Perawatan Motor Yamaha R1 yang merupakan motor sport khusus diciptakan dan dipersiapkan untuk memperingati 50 tahun partisipasi Yamaha motor sport dalam arena MotoGP. Oleh sebab itu, warna bodi motor tersebut merupakan kombinasi merah dan putih. Yamaha R1 ini hanya diproduksi sebanyak 2000 unit di dunia dengan sedikit perubahan pada bagian lampu LED, pelindung, serta bentuk ujung model knalpot yang baru. Sementara itu, mesin dalaman, kaki-kaki, sasis, dan seluruh bagian lainnya masih serupa dengan model lawas.

Yamaha+R1.jpg

Jika dibandingkan dengan motorsport lainnya, Yamaha R1 ini tentu terlihat lebih menawan dan kuat. Motor dengan konsumsi BBM 14 kpl/40mpg kompak 998 cc, DOHC, 16-valve, liquid-cooled,40 degree inclined, inline 4 silinder ini mampu menghasilkan 182 1 PS.

Adapun perawatan yang harus diperhatikan oleh pengguna motor Yamaha R1 melalui kumpulan modifikasi motor antara lain adalah :

1. Pengguna sebaiknya senantiasa mengecek oli mesin sesuai dengan batas jarak tempuh yang telah ditentukan. Jika pengecekan dilakukan melebihi batas jarak tempuh tersebut maka akan terjadi kerusakan pada bagian mesin dalam. Hal tersebut tentu disebabkan oleh oli atau pelumas mesin yang akan berkurang setelah melampaui batas jarak tingkat kepekatannya.

Dengan demikian, pengguna sebaiknya mengganti oli mesin sesuai dengan jarak tempuh yang telah ditentukan. Hal ini agar mesin terhindar dari kerusakan fatal yang nantinya merugikan pengguna itu sendiri.

2. Pengguna sebaiknya mengecek busi apabila telah bepergian jauh atau jika jarak tempuh pada spidometer sudah menunjukkan angka 12 ribu km. Busi harus diganti karena hal itu merupakan bagian yang sangat vital dari sepeda motor. Busi dalam motor berfungsi sebagai pemantik arus api yang membuat mesin motor bertenaga.

3. Pengguna sebaiknya selalu mengecek keadaan bagian gear dan rantai motor. Hindari keadaan rantai motor yang terlalu kendor atau pun terlalu kencang karena tenaga motor akan berkurang jika rantai motor terlalu kendor. Sedangkan jika terlalu kencang, rantai motor akan lebih cepat putus.

Berilah pelumas apabila rantai motor sudah kering. Dan jika gear sudah terlihat tajam meruncing, segera ganti karena hal ini akan menyebabkan rantai motor putus bila masih terus digunakan. Jarak tempuh yang tepat untuk mengganti gear dan rantai motor adalah jika motor sudah mencapai 25 ribu km.

4. Pengguna yang baik akan menggunakan suku cadang asli dari Yamaha karena penggunaan suku cadang pabrikan lain akan menyebabkan akselerasi dari motor tersebut berkurang. Hal ini disebabkan oleh pabrikan Yamaha yang telah menyesuaikan suku cadang untuk satu jenis atau tipe motornya. Hal ini dilakukan untuk menjadikan motor tersebut tetap pada kondisi awalnya dan tidak mudah turun mesin.

0 comments:

Posting Komentar

Ads By Google

Foto Modifikasi Motor di FB

Arsip Blog