Home » » Yamaha Motor Indonesia

Yamaha Motor Indonesia

Written By Unknown on 16 Apr 2013 | 20.35


Yamaha Motor Indonesia yang memiliki slogan Yamaha semakin didepan ini adalah merupakan salah satu produsen kendaraan bermotor di Indonesia Dengan nama resmi PT Yamaha Indonesia Motor Mfg dan menjadi bagian dari Yamaha Motor Company, Ltd. yang berkantor pusat di Jepang.

Sebagai bagian dari grup Yamaha Motor Internasional, Yamaha Motor Indonesia memposisikan dirinya sebagai salah satu produsen kendaraan motor terbesar di tanah air. Yamaha Motor Indonesia memiliki area produksi berkapasitas 300 ribu meter persegi. Kapasitas produksi motornya mencapai 3500 motor per hari.

Setelah lebih dari 50 tahun berkiprah, Yamaha Motor kini mampu menghadirkan beragam produk kendaraan bermotor berkualitas. Di tanah air, kehadiran Yamaha Motor Indonesia dengan aneka produk seperti Mio, Soul, Vega, Jupiter, Scorpio, dan ATV terbukti mampu menarik minat masyarakat. Oleh karena itu, motor Yamaha menjadi salah satu motor favorit. Bahkan masyarakat selalu memberikan respon positif terhadap setiap produk motor Yamaha.

logo yamaha.jpg

Bengkel Yamaha Motor Indonesia

Yamaha Motor Indonesia selalu berusaha mendapatkan kepuasan dari seluruh konsumennya. Selain memperhatikan kualitas produk, Yamaha Motor Indonesia juga berusaha meningkatkan kualitas layanannya dengan mendirikan bengkel resmi Yamaha.

Bengkel resmi Yamaha menyediakan layanan berupa servis besar dan servis berkala. Servis besar dilakukan untuk keseluruhan unit kendaraan dan dilakukan setiap kendaraan mencapai jarak tempuh 15 ribu km atau setiap 15 bulan sekali.

Sementara itu, servis berkala terkategori servis ringan, biasanya dilakukan setiap tiga bulan sekali atau saat kendaraan mencapai jarak tempuh tiga ribu kilometer. Servis besar maupun servis berkala memiliki tujuan akhir yang sama, yakni dalam rangka meningkatkan performa kendaraan sehingga tetap stabil dan nyaman dikendarai.

Saat ini, telah terdapat lebih dari 1200 bengkel resmi Yamaha dan tersebar di seluruh Indonesia. Setiap cabang bengkel resmi Yamaha telah terstandarisasi sehingga kualitas layanannya tidak perlu diragukan lagi. Bengkel resmi Yamaha didukung oleh tenaga mekanik yang ahli dan berpengalaman.

Para tenaga mekanik ini telah mengenyam pendidikan khusus di Yamaha sebelum mereka diterjunkan untuk melayani kebutuhan konsumen di bengkel resmi Yamaha. Oleh karena itu, kompetensi mereka telah teruji.

Untuk mendapatkan tenaga mekanik yang profesional, Yamaha pun akhirnya menggandeng sekolah-sekolah kejuruan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu mitra kerja Yamaha.

Yamaha kemudian membuatkan fasilitas khusus untuk SMK yang menjadi mitra kerjanya. Fasilitas khusus tersebut berupa kelas Yamaha. Di kelas ini, para siswa SMK yang telah lolos seleksi berkesempatan mendapatkan pendidikan otomotif langsung dari para teknisi Yamaha. Bahkan, mereka pun berkesempatan praktik langsung di bengkel resmi Yamaha.

Target Yamaha bekerja sama dengan pihak SMK ini tidak lain untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Terutama untuk layanan purna jual, khususnya dalam bidang perawatan kendaraan. Dengan menyiapkan tenaga khusus yang telah didik sejak dini dan mendapatkan pendidikan langsung dari Yamaha, mereka akhirnya siap menjadi tenaga terampil dan berpengalaman dalam menangani setiap jenis kendaraan Yamaha. Dan inilah nilai plus bengkel resmi Yamaha.
Yamaha Engineering School

Kerja sama Yamaha dengan pihak sekolah sebenarnya tidak hanya kali ini saja. Yamaha telah mengawali kerja samanya mulai 1990 silam, yakni dengan mendirikan sekolah khusus mekanik. Sekolah tersebut bernama resmi Yamaha Engineering School (YES). YES menampung siswa lulusan SMK dari kalangan tidak mampu tanpa dipungut biaya.

Berdirinya YES merupakan wujud kepedulian Yamaha Motor Indonesia terhadap dunia pendidikan di tanah air. YES telah berpartisipasi dalam menyiapkan lulusan yang andal dan memiliki keahlian.

Untuk setiap angkatan, hanya dibatasi 36 peserta. Para peserta ini dididik selama tiga bulan untuk mempelajari konsep sekaligus praktiknya. Selanjutnya, selama kurang lebih satu setengah bulan, mereka diberi kesempatan untuk magang di bengkel resmi Yamaha, melakukan kunjungan pabrik, serta mempelajari materi vendor.

Selama menempuh pendidikan di YES, para siswa akan dididik menjadi entrepreneur sekaligus memiliki Corporate Social Responsibility (CSR). Pendaftaran YES tahun ini serentak diselenggarakan di 11 Yamaha Motor Engineering Training Center di sejumlah wilayah di tanah air. Mulai dari Medan, Padang, Palembang, Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Makasar, dan Pontianak.

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi saat pendaftaran antara lain ijazah, SKKB, foto copi SIM C, KTP, raport mulai dari kelas satu hingga kelas tiga, pas foto, serta materai. Kehadiran YES ternyata turut berpartisipasi dalam membuka lapangan pekerjaan di tanah air.

Banyak dari lulusan YES yang kini bisa mendapatkan pekerjaan memadai. Sebagian dari mereka ada yang diterima bekerja di PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Bahkan, ada pula yang mampu membuka bengkel resmi Yamaha berskala besar.

Kerja sama Yamaha dengan pihak sekolah terus berlanjut. Di Lampung, Yamaha bekerja sama dengan SMK 2 Mei Bandar Lampung. Yakni dengan mendirikan bengkel resmi Yamaha yang bernama Yamaha 2 Mei. Bengkel ini didirikan di area SMK 2 Mei. Bengkel Yamaha 2 Mei merupakan bengkel pertama di tanah air yang melibatkan peran siswa SMK langsung sebagai bagian dari tenaga mekanik bengkel.
Bengkel Berteknologi Fuel Injection

Tahun ini setiap motor harus menggunakan teknologi Fuel Injection (FI). Oleh karena itu, Yamaha Motor Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Teknologi tersebut sudah diaplikasikan pada beberapa produk motor Yamaha model terbaru . Mulai dari Vixion, Mio J, serta Soul GT.

Khusus untuk teknologi yang diterapkan pada Mio J dan Soul GT lebih canggih bila dibandingkan dengan New V-ixion karena menggunakan Yamaha Mixture JET Fuel Injection (YMJET-FI). Dengan teknologi ini, produk motor Yamaha dijamin lebih irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Dalam rangka menyambut era FI ini, Yamaha terus melakukan sejumlah persiapan. Yamaha telah melakukan berbagai perbaikan maupun transisi untuk mengganti sistem karburator dengan sistem FI. Oleh karena itu, pihak manajemen semakin gencar melakukan kampanye ini kepada masyarakat.

Tidak hanya itu. Untuk menyambut era FI, Yamaha juga melengkapi layanannya dengan menyediakan bengkel berteknologi FI. Saat ini, 2500 bengkel resmi Yamaha telah siap melayani kendaraan bermotor berteknologi FI. Bengkel resmi Yamaha berteknologi FI sudah tersebar di seluruh tanah air. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir akan hal itu.

Demikianlah ulasan kumpulan modifikasi motor yang didapat dari nara sumber terercaya, komitmen bengkel Yamaha untuk memberikan layanan berkualitas tidak pernah padam. Yamaha ingin memberikan yang terbaik pada setiap konsumen.

0 comments:

Posting Komentar

Ads By Google

Foto Modifikasi Motor di FB

Arsip Blog