Home » » Ajang Bergengsi MotoGp

Ajang Bergengsi MotoGp

Written By Unknown on 20 Okt 2012 | 09.39


Ajang Bergengsi MotoGp - Motor Grand Prix atau yang sering kita kenal dengan nama MotoGp merupakan ajang bergngsi dari kejuaraan khusus yang di ikuti oleh motor yang berkapasitas mesin tinggi yaitu mulai dari 125 samapi 500 cc. Ajang ini mulai diselenggrakan pada tahun 1949 oleh organisasi balap motor dunia atau Fim yaitu Federation Internatoinale de Motocyclisme.

Pada awal di adakan ajang balap motor dari Moto GP ini, FIM mengadakan pertandingan dengan membbaginya menjadi empat kelas, yaitu 500,350,250, dan 125 CC. Namun dengan perkembangan yang terus dilakukan maka motor dengan kapasitas mesin 350 CC mulai ditiadakan hingga saat ini. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini memang di adakan pula pertandingan motor hingga kapasitas mesin mencapai 1000 cc, namun pada tahun 2007 FIM menurunkan kapasitas mesin maksimal menjadi 800 cc.

motogp-sepang

Dengan penurunana kapasitas mesin yang lebih rendah dari ajang super bike, namun ajang Moto Gp ini tetap ,menjadi impian yang ingin di capai oleh para rider atau para pemblap dunia yang ingin berkiprah di bidang balapan ini. Ajang balap motor ini di anggap ebagai puncak karir dari seorang pembalap yang sangat di utamakan. Selain itu, ajang ini juga tidak bisa dengan mudahnya diikuti oleh para pembalap karena di setiap ajangnya, pembalap yang bisa ikut dalam ajang ini harus mengikuti seleksi yang sangat ketat dengan setiap seleksinya tersebut hanya 35 pembalap dalam setiap kelasnya.
Italia Juaranya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ajang Moto Gp ini sering di menangi oleh pembalapa atau rider asal Italia. Pemabalap yang sukses menduduki puncak ajang balap motor ini adalah Giacomo Agostini. Giacomo Agostini ini merupakan rider asal Italia yang menorehkan sejarah panjang dalam ajang balap motor ini. Giacomo Agostini ini merupakan satu – satunya rider yang mampu mempertahankan predikat juaranya tersebut hingga mencapai juara dunia sebanyak 15 kali di semua kelas yang pernah ia ikuti. Juara dunia dalam ajang balap motor ini ia raih sebanyak 8 kali di ajang balap motor di kelas 500 cc.

Kehebatan dalam mengukir prestasi di ajang balap motor MotoGp yang pernah di raih oleh Giacomo Agostini ini, tentunya mendapat persaingan yang tak kalah hebatnya. Pesaing sang legenda Giacomo Agostini ini merupakan rider asal Italia pula yang bernama Valentino Rossi. Kesuksesan Valentino Rossi sebagai rider yang tercepat ini menjadikan ia sebagai penerus keberhasilan yang pernah di capai oleh Giacomo Agostini tersebut.

Pada tahun 2010 lalu, Rosii pun menggunakan motor buatan Italia yaitu Ducati yang merupakan motor buatan negara asalnya yaitu Italia. Dengan prestasi – prestasi yang pernah ditorehkan olehnya di motor – motor sebelumnya yaitu Aprilia, Honda dan Yamaha, Rossi di harapkan mampu juga mengukir prestasi dengan motor Ducati ini. Hingga tahun 2009 lalu, Rossi sudah menjuarai ajang balap motor Moto Gp ini sebanyak 9 kali dengan dua di antanya ialah ia peroleh di kelas 125 cc dan 250 cc.

Tidak hanya Italia saja yang mempunyai rider yang berkelas dunia hingga menjadi juara di dunia ini, negara – negara lain pun memiliki masing – masing roder yang tidak bisa di ragukan lagi kemampuan dalam menungganhgi motornya tersebut. negara – negara seperti Amerika Serikat pun memberikan rider yang hebat pula seperti Kevin Schwantz, Kenny Roberts, dan terakhir Nicky Hayden. Spanyol pun memberikan rider terbaiknya yaitu Angel Nieto dan penerusnya Jorge Lorenzo. Dan Australia dengan pembalapnya yang legendaris Michael Doohan dan saat ini Australia di bawa oleh Casey Stoner yang tangguh dalam setiap lintasan balap Moto Gp tersebut.
Tempat Pamer Pabrikan

INDY-MOTOGP

Selain tempat untuk para rider membuktikan menjadi pembalap yang tercepat, Moto Gp juga menjadi ajang untuk produsen motor memamerkan motor – motor yang berkualitas tinggi di dunia. Pada awal keberadaan ajang Moto Gp ini di adakan, produsen motor yang paling mengungguli dan menjuarai ajang ini ialah Agusta, Gilera, atau Aprillia dan BMW.

Namun selanjutnya, produsen motor dari Jepang pun hadir dengan kekuatan dan kualitas yang patut di acungi jempol seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Dan akhir – akhir ini ajang balap motor ini pun diikuti oleh produsen motor Kawasaki yang meramaikan balapan motor paling bergengsi tersebut. hingga saat ini, produsen motor dari Jepanglah yang banyak mendominasi ajang Moto Gp dunia tersebut.

Saat ini, selain kita dapat melihat keahlian dari para rider yang sangat mengagunkan seperti Valentino Rossi, Casey Stoner, ataupun Jorge Lorenzo, kita juga bisa melihat teknologi – teknologi canggih dari para produsen motor tersebut. Para pembalap seolah – olah menjadi bintang untuk produsen motor yang ia tunggani, selain itu produsen motor pun menjadi bangga terhadap motor yang di pakai oleh para rider hebat tersebut karena bisa meningkatkan minta pasaran untuk motor tersebut.

Sebagian orang yang menggemari ajang balap Moto Gp ini mungkin banyak bertanya – tanya bagaimana bisa motor sanggup di jalankan dengan kecepatan di atas 300 km per jamnya dalam hitungan waktu detik saja. Tentunya itu menjadi rahasia pabrikan motor produsen tersebut, namun di balik rahsia tersebut spesifikasi mesin – mesin moto gp inilah yang menjadi andalan dan rahasi utama motor yang digunakan dalam balapan tersebut. Berikut adalah spesifikasi mesin yang ikut dalam ajang moto Gp :

Untuk mtor yang di tunggangi oleh Valentino Rossi yaitu Ducati, spesifikasi mesinnya adalah :

Mesin yang berpendingin-cair, 90 derajat V4 empat tak. Esmodromic DOHC, empat katup per silinder.

Kapasitas mesin: 799cc

Tenaga puncak: lebih dari 200hp (hp=tenaga kuda)

Kecepatan puncak: lebih dari 310 kpj

Spesifikasi mesin yang di miliki Ducati9 di antaranya:

Tipe Mesin : 4-Tak V4 Berpendingin Air

Katup : 4 Katup persilinder DOHC, Desmodromic

Kapasitas Mesin : 799cc

Tenaga Max : 230dk

Transmisi : 6 Percepatan.

Situs Resmi : www.Ducati.Com

Sedangkan team Repsol yang dimiliki oleh Honda dengan nama Honda RC212V, memiliki spesifikasi mesin sebagai berikut;

Tipe Mesin : 4 Stroke, Pneumatic 4 Katup Persilinder, pendingin air

Konfigurasi : V4

Kapasitas Mesin : 799cc

Tenaga Max : 220dk.

Situs Resmi : www.World.Honda.Com



Untuk motor Yamaha dengan nama Yamaha Yzr-M1 memiliiki spesifikasi mesin sebagai berikut;

Tipe Mesin : Berpendingin Air dengan 16 katup DOHC berkatup Pneumatic

Konfigurasi : 4 Silinder segaris crossplane

Kapasitas Mesin : 799cc

Pengapian : Magneti Mirelli, Busi NGK

Pelumas Mesin : Yamalube

Tenaga Max : 220dk

Top Speed : Lebih dari 330km/jam.

Situs Resmi : www. Yamaha-Racing.com

Suzuki GSV-R yang dibuat oleh team Suzuki mempunyai spesifikasi mesinnya ialah sebagai berikut;

Tipe Mesin : 4 Langkah, pendingin air

Konfigurasi : V4, Pneumatic

Kapasitas Mesin : 799cc

Sistem Bahan Bakar : injeksi

Pelumas : Motul

Kopling : Multi Pelat kering

Transmisi : 6 percepatan

Situs Resmi : www.rizla-suzuki-motogp.co.id.uk

Dan spesifkasi mesin dari Kawasaki yang diberi nama ZX-RR ialah sebagai berikut;

Konfigurasi : Inline, 4 silinder , 4 stroke

Kapasitas Mesin : 798cc

Sistem Induksi : DOHC , Pneumatic , 4 Valve persilinder

Pelumas : Elf

Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel injection

Sistem Exhaust : Titanium, 4-2-1

Maximum Power : 200 Bhp

Maximum Speed : lebih dari 300km/jam.

Demikianlah informasi mengenai ajang Moto Gp yang terkenal di dunia, semoga bermanfaat!

0 comments:

Posting Komentar

Ads By Google

Foto Modifikasi Motor di FB

Arsip Blog