Home » , » Panduan Modifikasi Mobil Untuk Pemula

Panduan Modifikasi Mobil Untuk Pemula

Written By Unknown on 6 Okt 2012 | 22.33


Panduan Modifikasi Mobil Untuk Pemula bagi Anda yang baru berniat terjun di dunia modifikasi dalam hal mengenai modifikasi mobil ini tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips atau panduan untuk modifikasi mobil berikut :

mobil-modifikasi


1. Konsep dan anggaran

Saat pertama kali mencoba sesuatu hal baru terkadang semangat yang muncul sangat besar. Dalam hal modifikasi ini harus diwaspadai, kenapa? "Kalau terlalu bersemangat dan tidak ada konsep serta langkah-langkah yang jelas, Anda bisa over budget dan menyesal dengan hasilnya," kata Reindy Riupassa, King of Jazz 2011 yang juga memiliki bengkel modifikasi BTX Concept.

Maka sebelum memulai modifikasi, tentukan dahulu konsep yang ingin Anda terapkan pada mobil kesayangan. Ada banyak tema dalam modifikasi, mulai dari sporty, racing, elegan dan saat ini yang cukup ngetren ialah extreme style yakni merubah total bentuk mobil seperti dimensi yang berubah (lebih panjang/limosin) atau merubah tipe mobil, dari awalnya tipe sedan dimodifikasi menjadi SUV Setelah menentukan tema, lanjut dengan menentukan biaya yang sudah anda siapkan.

Meskipun beberapa modifikator ada yang tidak peduli dengan biaya tapi bagi Anda pemula hal ini penting. Jangan lupa untuk mencari bengkel modifikasi terpercaya dan sering berkonsultasi dengan orang bengkel. "Jangan takut mencoba sesuatu yang baru. Seperti yang gw lakukan, menggunakan karbon untuk tema elegan. Padahal karbon identik dengan sporty," kata pria asal Bandung ini.

2. Daftar komponen
Sudah selesai menentukan konsep dan anggaran biaya, buat daftar komponen yang harus dibeli. Bila ada komponen yang sulit didapat, ada kemungkinan Anda harus membeli diluar kota atau bahkan diluar negeri. Catat juga barang yang sudah dibeli untuk menghindari pembelian dua kali.

3. Mesin
Konsep, anggaran biaya, bengkel modifikasi, dan daftar komponen sudah dipersiapkan. Maka anda sudah bisa memulai modifikasi. Menurut Reindy, hal pertama yang dilakukan ialah mesin. "Mesin adalah inti dari sebuah mobil," tegasnya. Pastikan juga setelah memodifikasi, mesin bekerja dengan normal dan mempunyai tenaga dan torsi yang berbeda signifikan sebelum dimodif.Bagi Anda yang masih pertama dan minim pengalaman, cukup merubah mesin secara sederhana. Misal, mengubah pengapian menjadi lebih baik dengan cara mengganti busi atau koil.

mesin-mobil-modifikasi

Atau yang lebih sederhana dengan merubah penampilan mesin seperti melapisi dengan karbon atau meng-krom mesin. Pada langkah ini Reindy mengungkapkan langkah paling lama karena banyak trial & error.

4. Pelek
Urusan mesin sudah selesai beralih ke kaki-kaki alias roda. Tentukan pelek yang ingin Anda pasang sesuai dengan tema yang sudah ada. Apabila sudah terpasang dari sinilah awal mula apakah nantinya perlu merubah body atau tidak seperti memperlebar fender. Karena menurut Reindy, body mobil selalu menyesuaikan pelek dalam modifikasi.

velg-mobil-modifikasi

Apabila ada perubahan ukuran pelek dan ban menjadi lebih besar, sisi positifnya handling mobil menjadi lebih baik sehingga nyaman untuk bermanuver. Ini akibat area kontak antara ban dengan aspal menjadi lebih luas sehingga daya cengkram menjadi lebih besar dan tentunya penampilan menjadi lebih keren.Akan tetapi sisi negatifnya, saat melewati jalan yang tidak rata daya redam mobil menjadi berkurang. Imbasnya kabin menjadi lebih berisik (noise road). Hal ini bisa diantisipasi dengan memasang peredam yang lebih bagus agar kenyamanan kabin tetap terjaga.

5. Body kit
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setelah pelek ditentukan barulah pasang body kit yang sudah dibuat. Ubah tampilan secara maksimal dengan mengganti bemper depan, bemper belakang dan side skirt.

6. Audio
Jangan lupa juga untuk mengubah sistem audio. Beberapa modifikator ada yang fokus pada audio. "Kalau memang fokus ke Audio, gunakan komponen yang bermerek dan berkualitas tinggi agar hasil dari sistem audio sesuai dengan harapan," papar Reindy. Sama seperti komponen lainnya, audio juga harus sesuai dengan tema sehingga tetap menjadi satu kesatuan.Dalam kontes modifikasi kategori Audio ada tiga kelas yakni SQ (Sound Quality) , SQL (Sound Quality Loud), dan SPL (Sound Pressure Level). Untuk anda yang menyukai suara yang jernih dan berkualitas, atur sistem audio untuk SQ sehingga kerjernihan (clarity), kedalaman (depth), tata panggung (sound stage), dll bisa persis seperti suara asli.

Audio

Lain halnya bagi anda yang lebih menyukai kekerasan suara atau dentuman bass. Maka pilih pengaturan SPL agar kekerasan suara yang dihasilnya dengan pengukuran desibel (db) bisa sesuai keinginan anda. Sedangkan untuk SQL adalah jenis yang paling cocok untuk pemula karena lebih sederhana merubahnya. SQL sendiri ialah penggabungan dua modifikasi audio sebelumnya yakni kualitas suara dengan dentuman yang keras.

7. Interior

interior-mobil-modifikasi

Ubah juga tampilan didalam kabin (interior) sesuai dengan tema dan warna. Bahan-bahan yang digunakan juga disesuaikan dengan tema, misal tema elegan maka jok dengan bahan kulit dan dasbor panel kayu yang umum disematkan pada modifikasi mobil.Untuk tema racing bisa juga mengganti setir standar menjadi setir racing serta melapisi pedal dengan besi ala racing.

Kesimpulan

Bila Anda masih pemula dalam hal modifikasi, perubahan yang tidak terlalu makan biaya banyak adalah kunci untuk memulainya. Jangan tergiur dengan modifikasi yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih dari anggaran (over budget).

Merubah penampilan bisa menjadi solusi karena memodifikasi mesin atau sasis membutuhkan biaya sangat besar. Pilihan tema sesuai dengan favorit bisa memotivasi anda untuk terus berkarya - fotomodifmotor dari kumpulan foto modifikasi motor dan mobil serta tips dan trik modifikasi Anda.

0 comments:

Posting Komentar

Ads By Google

Foto Modifikasi Motor di FB

Arsip Blog