Home » , » Spesifikasi Teknis Velg Mobil

Spesifikasi Teknis Velg Mobil

Written By Unknown on 4 Okt 2012 | 23.01


Pengetahuan teknis tentang velg mobil atau Spesifikasi Teknis Velg Mobil tak hanya tentang ukuran ringnya yaitu 14, 15, 16 sampai dengan 20. Selain masalah ukuran ring velg mobil, ketika Anda akan mengganti atau memodifikasi velg mobil, harus pula tahu PCD-nya berapa. Atau mungkin mekanik di bengkel akan bertanya berapa offsetnya. Masalah PCD dan offset merupakan dua hal yang tidak saja bertanggung jawab terhadap kenyamanan kendaraan tapi juga masalah keamanan. Velg bisa dianalogikan sebagai sepatu pada kaki manusia. Maka selain nyaman untuk digunakan. Biasanya orang juga cenderung menggunakan sepatu dengan model yang up to date dari merek terkenal untuk mendapatkan gengsi.

velg-mobil


Lalu, apa sebenarnya PCD sebuah velg mobil tersebut? PCD adalah ukuran titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. Ukurannya dengan menggunakan millimeter. Pada mobil kebanyakan ukuran standar PCD velg mobil adalah 100 milimeter, sehingga kemudian orang mengatakannya dengan istilah PCD 100.

Sementara offset velg mobil adalah menandakan ukuran permukaan velg yang menjorok ke luar atau ke dalam. Biasanya kode offset velg mobil ini dengan penandaan ET. Jadi, jika Anda mendengar ET45 atau ET 25, itu adalah ukuran dari offset velg mobil. Dari ukuran offset velg mobil inilah secara umum dikenal ada velg yang menonjol, standard dan celong.

Velg mobil celong menunjukkan angka offset semakin kecil. Semakin celong velg mobil maka semakin kecil pula angka offset velg tersebut.
Ukuran offset sebuah velg bila diubah tanpa memperhitungkan spesifikasi teknisnya, maka akan ada kecenderungan menggores roda, mangkuk shockbreaker juga bisa tergerus yang pada akhirnya kaki-kaki roda akan cepat rusak.

Bila perubahan velg mobil yang dilakukan tetap ingin memperhitungkan faktor keamanan, kenyamanan dan yang penting juga tidak sampai merusak struktur mobil, sebenarnya menjadi pekerjaan yang tidak sederhana-fotomodifmotor.

0 comments:

Posting Komentar

Ads By Google

Foto Modifikasi Motor di FB

Arsip Blog