Home » , » Mengenal Beberapa Komponen Mesin Sepeda Motor Anda

Mengenal Beberapa Komponen Mesin Sepeda Motor Anda

Written By Gibran Muhammad on 13 Mar 2013 | 18.40


Mengenal Beberapa Komponen Mesin Sepeda Motor seperti yang telah disebutkan ada beberpa Komponen Mesin dalam sebuah sepeda motor yang menjadi hal yang utama. Komponen mesin sepeda motor inilah yang menentukan kualitas performa mesin sepeda motor tersebut. Untuk memahami lebih dalam mengenai komponen mesin ini,yuk kita simak uraian dari Berbagai Komponen Mesin Sepeda Motor dan Fungsinya

mengenal-komponen-mesin-motor

Sebuah sepeda motor terdiri dari serangkaian komponen mesin yang saling bekerja sama dan melengkapi untuk memberikan performa baik pada motor tersebut. Ada banyak komponen dalam sebuah sepeda motor. Namun pada dasarnya, mesin sepeda motor terbagi ke dalam 3 bagian inti, yakni:

1. Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kepala silinder merupakan komponen mesin sepeda motor yang posisinya bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpu kepala silinder disekat menggunakan gasket, tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kebocoran kompresi dan menjaga permukaan kepala silinder serta bagian atas blok silinder dari kerusakan.

Umunya, kepala silinder dibuat dari aluminium campuran. Bahan aluminium membuat kepala silinder lebih tahan karat dan tahan suhu tinggi. Bahan ini juga cukup ringan. Bagian luar konstruksi kepala silinder biasanya dilengkapi dengan sirip yang berfungsi melepaskan panas pada mesin.

2. Blok Silinder Mesin

Blok silinder merupakan komponen yang melekat dengan silinder liner. Ukuran isi silinder suatu motor memengaruhi daya motor tersebut. Silinder liner terpasang kokoh pada blok silinder. Silinder liner terbuat dari bahan yang tahan panas dan gesekan. Sementara itu blok silinder terbuat dari besi tuang tahan panas.

Dahulu, blok silinder dan silinder liner dirancang menjadi satu. Namun desain seperti ini sudah sangat jarang ditemukan. Kini, silinder liner dan blok silinder dibuat terpisah, sehingga jika silinder liner aus dapat segera diganti.

Blok silinder biasanya dibuat dari besi tuang kelabu. Akan tetapi pada beberapa jenis sepeda motor, besi tuang tersebut dicampur dengan aluminium agar lebih ringan. Bahan blok silinder harus tahan suhu tinggi, mampu menghantarkan panas dengan baik, dan tahan gesekan.

3. Bak Engkol Mesin (Crankcase)

Bak engkol atau crankcase dibuat dari aluminium die casting yang dicampur dengan logam. Komponen mesin yang satu ini berfungsi sebagai ‘rumah’ bagi komponen-komponen mesin sepeda motor lainnya, yakni:

Kopling

Pompa oli

Generator/alternator (pembangkit tenaga listrik pada sepeda motor)

Gigi transmisi atau gigi persneling

Bantalan peluru dan poros engkol

Bak engkol juga berfungsi sebagai tempat menampung pelumas alias oli. Pada sepeda motor, bak engkol terletak di sebelah bawah silinder. Bak engkol biasanya ditautkan ke rangka sepeda motor.

Komponen yang lain, seperti knalpot berfungsi sebagai saluran gas buang. Sementara itu fungsi karburator adalah mengatur perbandingan campuran udara dan bahan bakar, membuat campuran tersebut menjadi kabut, menambah atau mengurangi jumlah campuran sesuai dengan kecepatan dan beban motor yang berubah-ubah.

Karburator basah bisa menyebabkan motor mogok. Akan tetapi, untuk Honda tipe PGM yang tidak mempunyai karburator, hal ini sedikit mengurangi kekhawatiran pengendara motor ketika melewati jalanan yang sedang terkena banjir.

Kepala silinder berfungsi sebagai tempat mekanisme katup, komponen penggerak katup dan sistem pengapian.

Blok Silinder berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston, pertukaran gas sisa hasil pembakaran dengan campuran bahan bakar baru, tempat dudukan sirip-sirip pendingin serta tempat masuk dan buang.

Piston berfungsi untuk mengkompresi gas campuran bahan bakar, menerima tenaga hasil pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol serta untuk membuka dan menutup lubang masuk dan lubang buang.

Ring piston berfungsi sebagai perapat kompresi juga sebagai penghantar panas piston ke silinder.

Poros Engkol/ Crank Shaft berfungsi untuk mengubah gerak bolak-balik piston menjadi gerak putar.

Demikianlah sedikit info untuk Mengenal Beberapa Komponen Mesin Sepeda Motor Anda dan semoga bermanfaat, untuk modifikasi mobil maupun motor bisa langsung dilihat melalui kumpulan modifikasi motor

0 comments:

Poskan Komentar

Ads By Google